Apa Itu Aktivis?

by - 8:05 AM

Aktivis; kata yang tak kan pernah hilang dari perbendaharaan kata dimanapun itu, karena aktivislah yang membuat dunia masih bisa begitu indah untuk di tinggali. Aktivis pada dasarnya adalah sebutan untuk orang-orang yang aktif memperjuangkan suatu kepentingan tertentu, terlepas kepentingan itu baik atau buruk tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Akan tetapi pada dasarnya aktivis tentu saja ada untuk kebaikan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan.
Aktivis di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki dua artian. Pertama, berdasarkan nomina (kata  benda), aktivis berarti orang (terutama anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, wanita) yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan dalam organisasinya. Kedua, berdasarkan politik dan pemerintahan, aktivis berarti  seseorang yang menggerakkan (demonstrasi dan sebagainya). Aktivis digambarkan sebagai seorang yang aktif dalam melakukan perubahan.
Mengingat pengertian aktivis diatas tentu saja akhirnya memunculkan berbagai macam jenis aktivis, seperti: aktivis kemanusiaan yang konsentrasi memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan; aktivis lingkungan yang memperjuangkan nasib alam ini; aktivis buruh yang aktif memperjuangkan nasib buruh; aktivis mahasiswa; mahasiswa yang belajar jadi aktivis atau mengaku-ngaku sebagai aktivis (mungkin) dan lain-lain. Ini adalah macam-macam aktivis jika ditinjau dari ranah pergerakannya, sedangkan apabila ditinjau dari sifat aktivis maka ada yang namanya aktivis sejati, aktivis....
(Bersambung Lain Waktu, untuk sharing di kolom komentar yach).
Bersumber dari:

_____.2016. Aktivis: Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bersumber dari: http://kbbi.web.id/aktivis. Diakses pada hari Senin 12 Juni 2017 pukul 21:25 WIB.

You May Also Like

0 comments