Menyoal Beasiswa

by - 9:31 AM

Sebagai seorang pelajar tentu saja sudah tidak asing lagi, mengenai apa itu beasiswa. Apalagi seorang yang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan study dengan murah, cuma-cuma bahkan 100% GRATIS pasti sangat paham mengenai beasiswa. Beasiswa hampir diberikan pada setiap jenjang di pendidikan Indonesia, mulai Sekolah dasar hingga perkuliahan. Sebenarnya apa beasiswa itu?. Ada berapa macam beasiswa?. Untuk Siapa Beasiswa itu?.
Apa Itu Beasiswa?
Menurut Murniasih (2009) beasiswa diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penghargaan itu dapat berupa akses tertentu pada suatu institusi atau penghargaan berupa bantuan keuangan. Pada dasarnya, beasiswa adalah penghasilan bagi yang menerimanya. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat (1) Undang-undang PPh/2000. Disebutkan pengertian penghasilan adalah tambahan kemampuan ekonomis dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh dari sumber Indonesia atau luar Indonesia yang dapat digunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan Wajib Pajak.
Dari Mana Beasiswa Berasal?
Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma-cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda, tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut. beasiswa juga banyak diberikan kepada perkelompok (group) misalnya ketika ada event perlombaan yang diadakan oleh lembaga pendidikan, dan salah satu hadiahnya adalah beasiswa.
Apa Saja Jenis-Jenis Beasiswa?
Beasiswa terdiri dari dua macam yakni beasiswa yang berasal dari pemerintah dan yang berasal dari non pemerintah (swasta) seperti perusahaan, yayasan bahkan pemerintah negara lain. Untuk beasiswa dari pemerintah Indonesia sangat beragam mulai dari beasiswa penuh, bantuan, ikatan dinas dan lain sebagainya adapun persyaratan setiap pengajuan beasiswanya tergantung dari pihak kementrian yang menaunginya. Sedangkan beasiswa yang sifatnya swasta biasanya lebih susah dikarenakan memiliki standart dan batasan penerima, seperti mahasiswa universitas tertentu.
Masalah dan Trik
(kita bahas di kolom komentar yuks)
Sekedar Informasi meskipun penulis kuliah di kampus yang notabene bukan di bawah naungan Kemendikbud penulis sudah mendapat 4 jenis beasiswa yakni beasiswa Pemprov, beasiswa aktivis, beasiswa prestasi kampus dan beasiswa perusahaan swasta lo hehehehe.

You May Also Like

0 comments