Etnobotani Tumbuhan Berkhasiat Obat

by - 12:13 AM

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam pengetahuan lokal dan budaya yang dihasilkan oleh sekitar 400 etnis (Yuniati, 2010). Salah satu pengetahuan lokal yang ada pada komunitas masyarakat Indonesia adalah pengobatan tradisional. Keanekaragaman bahan yang digunakan, cara peracikannya, maupun kegunaannya menambah keunikan dari suatu pengobatan tradisional. Di Indonesia, menurut Suprana (1991), ramuan obat tradisional hampir semuanya mengandung ramuan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Ramuan obat tradisional Indonesia hampir semuanya  berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ciri khas ini membedakan obat tradisional Indonesia dengan obat tradisional bangsa lain yang juga menggunakan bahan alami hewani dan mineral (Suprana, 1991). Penggunaan tumbuh-tumbuhan dalam obat tradisional Indonesia didukung oleh keadaan alam Indonesia yang memiliki keragaman vegetasi yang tinggi. Tidak kurang dari 1200 jenis spesies tumbuhan digunakan dalam ramuan obat tradisonal Indonesia (Heyne,1987).
Indriyanto (2006) menyatakan bahwa tumbuhan obat merupakan sebagian tumbuhan atau bagian yang digunakan sebagai bahan obat tradisional atau jamu baik secara tunggal maupun campuran yang dianggap dan dipercaya dapat menyembuhkan suatu penyakit atau dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan. Tumbuhan obat adalah jenis tumbuhan yang sebagian, seluruh tumbuhan dan tumbuhan tersebut digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan obat-obatan. Sedangkan Menurut Departemen Kesehatan RI, definisi tumbuhan obat Indonesia sebagaimana tercantum dalam SK MenKes Nomor149 / SK / MenKes / IV / 1978 adalah sebagai berikut:
  1.  Tumbuhan atau bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan obat tradisional atau jamu.
  2.  Tumbuhan atau bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan pemula bahan baku obat (prokursor).
  3. Tumbuhan atau bagian tumbuhan yang diekstraksi dan ekstrak tumbuhan tersebut digunakan sebagai obat.

Obat tradisional sebagai obat-obatan yang diolah secara tadisional, turun-temurun berdasarkan resep nenek moyang, adatistiadat, kepercayaan dan kebiasaan setempat, baik bersifat magic (spontan, kebetulan) maupun pengetahuan tradisional. Bagian (organ) tumbuhan yang dimanfaatkan untuk pengobatan adalah akar (radix), rimpang (rhizome), batang (caulis), buah(fructus), daun (folia) dan bunga (flos) (Nasrudin, 2005).
(Bersambung Lain Waktu, untuk sharing di kolom komentar yach)
Bersumber dari:
Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Vol. I,II,III. Yayasan Sarana Wana Jaya. Jakarta.
Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Jakarta : Bumi aksara.
Nasruddin, M. 2005. Inventarisasi Gulma Berpotensi Sebagai Obat di Lahan Tumpangsari, Desa Blaru, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Skripsi tidak ditebitkan. Malang: Jurusan BiologiFakultas Saintek UIN Malang.
Suprana, J. 1991. Prospek Pengembangan Industri Jamu. Prosiding Pelestarian Pemanfaatan Tumbuhan Obat dari Hutan Tropis Indonesia.
Yuniati, E dan M Alwi. 2010. Etnobotani Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat Tradisional dari Hutan di Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebe. 4 (1).

You May Also Like

0 comments